Kamis, 21 Juni 2012

My Hobby is My Passion

Siapa yg punya hobi ? Put your hands up ! ahahaha :D
Hobby is something a person enjoys doing. Yap !
Selain enjoy, kalian jg hrs punya passion pd hobi kalian. So, kalian bisa enjoy melakukan hobi kalian :)
Di post gw yg ini, gw ingin membahas soal hobi. Let's check it out !

Gw punya byk hobi. Memasak, berkebun, fotografi, dll. Cm gw paling suka sm memasak.
Di post ini, gw cm membahas soal si hobi masak. ini hobi yg paling gw suka ! dgn memasak, gw bisa melepas penat gw setelah belajar.
gw paling menghindari masak saat keadaan lg badmood. soalnya gw gk bisa menjamin rasa itu makanan bakal menggoyang lidah :p
gw pernah mengalaminya sekali. waktu itu gw lg badmood sm tmn gw dan kebetulan badmood ny pas jem makan siang dan di rumah lg gk ada makanan. Akhirnya gw nekat buat pizza mie. dgn perasaan yg lg super kesel, gw buatlah itu pizza mie dan hasilnya ? rasanya kemana2. gw sendiri gk bisa mendeskripsikannya -__-
jd saran gw, lbh baik kalo lg badmood, jgn memaksakan diri utk masak kalo gk mau rugi bahan :p

gw inget bgt pas lg long holiday 1 thn yg lalu, gw minta nyokap buat ajarin masak. tujuannya, biar nanti gw bisa jd istri dan ibu yg baik. Amin. :)
nyokap pun menyuruh gw utk ikut dy belanja ke pasar dulu. Kata nyokap, kalo mau pinter masak, mesti pinter pilih bahan. sampe skrg kalo lg libur, sebisa mgkn gw menyempatkan diri utk nemenin nyokap ke pasar dan lambat laun, gw jd addict ke pasar, bbrp pedagang di pasar mulai hafal tampang gw dan gw jd tau mana yg bagus dan mana yg ngga. Thanks, mom ! :*

Cooking Class ala nyokap gw gk kyk cooking class pd umumnya yg selalu diberikan teori dan cara memasaknya. misalnya mau masak tumis buncis, beginilah gambaran percakapan gw dan nyokap :
G : Gw
M : Nyokap

G : "Ma, ini gimana masak tumis buncis ?"
M : "rajang dlu itu bwg putihnya. trs panasin minyak sedikit trs tumis bwg putihnya"
G : "trs kalo udh diapain ? kesini dong bantuin"
M : "masukkin tuh buncisnya. trs masukkin air. Kalo masak sayur, yg paling lama ke mateng itu yg di masak dulu. masa begitu aja mesti dikasih tau ?"

yaa, kira2 begitulah, saudara2. instan bgt bljrnya. hari itu mau masak sesuatu, hari itu jg lgsg di praktikkan dgn saling berteriak krn biasa nyokap lg duduk di teras rmh. Gw sempet protes sih ke nyokap soal cara dia ngajar, tp dy berdalih kalo dlu dy masak jg gk diajarin. cm liat nenek gw masak trs dy nyoba sendiri.

semenjak itulah, gw mulai mengasah si hobi memasak dan suka sm acara Masterchef. dan gw merasa bener2 enjoy dan stres gw hilang kalo abis masak. kalo lg sempet, tiap sabtu gw masak utk melepas penat setelah 5 hari kerjanya cm belajar dan belajar. nasib anak kls 3 SMA. ckckkck..
gw pun trs mengasah lidah gw supaya lbh peka sm rasa dan itu msh gw lakukan sampe skrg. maksudnya sih biar kalo icip sana icip sini, ngga kebingungan sm bahan2 yg dipake :p
lama2 gw mlh jd kyk nyokap, bereksperimen. gw pernah buat telor dadar yg di dalemnya ada cheese melted. sukses sih cheese melted, cm si dadar keasinan krn gw msh blm ahli soal takar menakar. :p
gw jg pernah masak buncis, wortel. telor dan crabstick pake kuah kental. ini terinspirasi dari tkg nasgor yg ada di blkg sekolah. gw gk gitu suka masakkan dy yg goreng2 kyk nasgor, dll, tp gw suka masakkan dy yg pake kuah sirem. kyk mie sirem, dll. nyokap sempet bingung dan nanya gw tau resep itu dari siapa dan gw cm blg ngga dari siapa2, mikir sendiri. Yap ! gw ngga cari resep itu di internet. gw cm membayangkan bahan2 apa aja yg gw butuhin dan cara memasaknya. itulah yg suka gw lakuin kalo lg pgn masak. kdg2 kalo lg bengong / belajar, suka terbesit aja gitu pgn makan yg begini2 trs ngebayangin bahan2 dan cara buatnya. semuanya fresh dari otak gw :p

gw pernah buat roti goreng dan bola makaroni. itu makanan gw bawa ke sekolah dan gw bagi ke 1 kelas dan pd blg enak. mlh ada tmn gw yg saking demen sm roti goreng gw, dy nyuruh gw bikin dan dy mau bayar itu roti goreng. tp berhubung makin dkt ke UN, waktu senggang pun semakin berkurang dan gw lbh memilih utk istirahat kalo lg waktu senggang. Masakkan yg paling sering gw bikin biasa tumis2an. sampe2 gw bosen bgt sm yg namanya tumis. pgn bikin kue2 gitu, tp ovennya kgk ada -__-"

semenjak itu, gw pgn bgt jd chef bertaraf Internasional. Kalian pasti tau Chef Marinka. dy lulusan LeCordon Bleu yg di Australia. Gw pgn bgt masuk kesana. tp krn wktu itu gw msh blm tau kalo ternyata ada agen2 khusus yg menyalurkan anak2 yg mau kuliah di luar negeri, gw pun mengurungkan niat gw. ditambah dgn kondisi kesehatan nyokap yg yaa kalian akn tau jwbnnya di post "Gws mommy"
bukannya gw meremehkan kualitas jurusan perhotelan di Indonesia, cm gw pikir, kalo ambil yg luar punya, jangkauannya udh luas. :/
ada tmn gw di Buku Muka (alumni sekolah gw, cm gw gk kenal dy :p). dy kuliah jurusan perhotelan di Switzerland. dy suka upload foto2 gitu dan tiap liat foto2nya, gw cm bisa mengelus dada dan inhale exhale.


Oke, sekian share gw ttg hobi memasak. nanti gw post resep2 yg bisa dibilang cukup sukses gw buat :)
Thanks for reading and Happy Reading !

Regards,

Greenlaviota

2 komentar:

  1. woooooooooo berarti itu berbakat mei
    kalo gue bakat kaya lu mah gw masuk deh STP Trisakti :P
    tdnya jg mau tu blajar2 bkin kue
    tapi gw ga minat masak ><
    cm mau bkin kue XDD

    cari les masak aja yok LOL

    BalasHapus
  2. kalo STP Trisakti, kejauhan, menk. capek di jln ntar
    wkwkwk
    mari kita berekspermen bikin kue ! utk resep, biar i tanyakan pd sang ii yg jualan kue. :3

    BalasHapus